Sunday, September 21, 2008

tutorial membuat blog

hari sabtu tanggal 20 September 2008
saya diminta untuk membantu memberikan pelatihan untuk membuat blog bagi para guru yang ada di semarang, yang diadakan oleh CTC (computer training center) unika soegijapranata semarang.
peserta sekitar 25 orang dari berbagai SMK, SMA di Semarang.
cukup antusias beliau para guru mengikuti pelatihan tersebut. namun karena terbatasnya waktu, penyampaian materi tidak tuntas.
pada pelatihan tersebut aku mendapat masalah yang cukup serius, yaitu www.gmail.com menutup akses dari ip yang saya gunakan dalam pelatihan tersebut.
bahwa gmail akan menutup akses ketika servernya diserang spam. jadi ketika satu ip saya gunakan secara sharing, secara bersamaan membuat account, maka otomatis qmail akan menutup akses dari ip tersebut.
Tapi untunglah sudah beberapa peserta sempat membuat email accoutnnya.
untuk peserta yang lain saya sarankan untuk membuat email dari www.yahoo.com yang bisa disupport oleh www.bloggber.com
materi saya bagi beberapa bagian:
1. Harta Karun di Dunia Pendidikan
2. Apa itu Blog
3. Mengapa ngeblog
4. kemudahan blog
5. template blog
6. edit blog
7. menggunakan rapidshare.com
7. gadget
8. adsense

materi saya berikan bersama mas wiliam sutanto yang sudah pakar dalam adsense
bukunyapun sudah terbit di elexmedia komputindo. sukses ya mas wili.

materi dalam ppp dapat di download dalam situ ini
http://rapidshare.com/files/147343043/presentasi_ctc_Membuat_Blog.pptx.html

No comments: